• Dsn. Larangan RT 009 RW 004, Ds Krikilan KM28, Kec. Driyorejo, Gresik
Thumb
  • 2021-04-10 05:09:23

Mengenal Pondasi Tiang Pancang

Tiang pancang merupakan sebuah pondasi yang menjadi bagian terpenting dalam struktur bangunan yang berguna sebagai pembagai tekanan gravitasi secara merata dalam tanah dan juga berfungsi untuk memperkokoh bangunan agar tidak mudah roboh ataupun kuat tahan lama. Pondasi Tiang Pancang sendiri dibentuk atau dibuat dari semen atau baja kokoh untuk memperkuat bangunan. Pondasi tiang pancang memiliki dua kategori yang pertama adalah pondasi dangkal dan yang kedua adalah pondasi dalam yang masing-masing berguna menjadi faktor penting sebagai penguat bangunan, jika di analogikan semakin tinggi bangunan maka pondasi yang pas ataupun pondasi yang di buat haruslah semakin dalam .mari kita pelajari lebih dalam seputar tiang pancang.

JENIS TIANG PANCANG 

Gambaran tiang pancang secara umum memiliki bentuk sama yaitu persegi memanjang ataupun bulat(silinder). Namun yang membedakan disini adalah komposisi dari Tiang Pancang tersebut yang menentukan kecocokan pondasi dipasang untuk bangunan model apa saja berikut adalah komposisi dalam Tiang Pancang.

1. Tiang Pancang Beton

Seperti namanya Tiang Pancang Beton yaitu pondasi tiang pancang yang komposisi materialnya berasal dari beton yang di cor. tiang pancang pada jenis ini umumnya atau kebanyakan adalah berbentuk persegi, namun di beberapa kasus ada juga yang berbentuk silinder. 

 2. Tiang Pancang Baja

Tiang Pancang Baja merupakan salah satu pondasi tiang pancang yang sering dijumpai seperti namanya pondasi ini terbuat atau memiliki komposisi dasar material baja.

3. Tiang Pancang Kayu

Tiang Pancang Kayu adalah sebuah pondasi pertama pencetus sebuah pondasi pada bangunan. Pondasi Tiang Pancang ini umumnya dapat kita jumpai pada beberapa rumah-rumah tradisional yang ada di indonesia. Seperti namanya komposisi pondasi ini terbuat dari beragam jenis kayu-kayu yang ada di indonesia. Walaupun terbuat dari kayu jangan anggap remeh pondasi ini pasalnya pondasi ini terbukti cukup kuat dalam sisi ketahanan terhadap cuaca, iklim dan lainnya.

4. Tiang pancang Komposit

Yang terakhir adalah Tiang Pancang Komposit yang mungkin jarang di jumpai, ya karena pondasi tiang  pancang ini biasanya digunakan atau diperuntukan untuk bangunan yang memiliki skala besar. komposisi dari pondasi ini adalah material campuran yang dirancang agar memiliki ketahanan yang tinggi.

Yap, itulah sedikit ulasan terkait Tiang Pancang. Bagi kalian yang sedang membutuhkan jasa pembuatan atau pengerjaan Tiang Pancang dan Pemancangan atau mungkin hanya ingin menyewa alat pemancang saja bisa melalui kami. Terimakasih sudah membaca semoga bisa bermanfaat nantikan artikel-artikel seputar dunia konstruksi dari kami.